Minggu, 14 Februari 2016

Penyebab dan tips mengobati Sariawan

Penyebab Sariawan
Sampai saat ini penyebab utama dari Sariawan belum diketahui. Namun, para ahli telah menduga bahwa banyak hal yang menyebabkan luka ini, termasuk:

- Memakan makanan yang masih terlalu panas lalu setelah itu langsung meminum air yang dingin
-Penyakit hormonal atau sistemik.
-Akibat Stres.
-Luka akibat tergigit
-Luka akibat tambalan gigi atau gigi tiruan
-Kekurangan vitamin
-Perubahan cuaca dari hujan ke panas atau sebaliknya.
-Kemungkinan juga adanya Virus dan bakteria

Cara untuk menyembuhkan sariawan anda bisa melakukan salah satu atau gabungan dari cara berikut :

1. Konsumsi Vitamin

Sariawan bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D ataupun B12. Oleh karena itu perlu menkonsumsi vitamin D dan B12. Selain itu Vitamin C dijuga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Konsumsi zat besi dan folat

Konsumsi zat besi dan folat juga akan membantu untuk menyembuhkan sariawan.

3. Obat Antibiotik

Anda bisa menggunakan antibiotik untuk mengobati sariawan. Tetapi untuk penggunaan antibiotik sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter adna terlebih dahulu.

4. Obat alami untuk sariawan

Ada banyak obat tradisional yang terbuat dari bahan alami untuk mengobati sariawan yang bisa anda coba, seperti air rebusan kulit batang jambu air, mengoleskan bubuk kopi, atau mengoleskan getah bawang atau pepaya, dan masih banyak lagi.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Selain itu bakteri dimulut akan menjadi terhambat perkembangannya. Selain

Cara Mencegah sariawan
Sariawan sebenarnya masih dapat dicegah. Bila anda tahu penyebabnya tentu anda dapat mengantisipasi untuk mencegah sariawan. Oleh karena itu sebaiknya anda melakukan :

hindari makan makanan yang terlalu panas,
Hindari stress
Hindari menggigit bagian mulut sendiri
menjaga jangan sampai kekurangan vitamin
menjaga kesehatan mulut jangan sampai bakteri atau virus berkembang biak, misalnya dengan menggosok gigi secara teratur.
Sebelum makan buah-buahan, sebaiknya buah-buahan tersebut dicuci dulu atau mungkin sebaiknya anda makan saja buah-buahan yang memiliki kulit yang dibuang (tidak ikut dimakan), seperti pisang dan jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar